• doktor 2.jpg
  • PPSFEUII.jpg

Profil Program Doktor Ilmu Ekonomi

Perubahan lingkungan yang semakin cepat akan menjadikan mental model yang selama ini dipahami, cepat  menjadi kedaluarsa karena tidak mampu lagi menjelaskan perkembangan di banyak bidang. Hubungan-hubungan menjadi kompleks dan sulit diprediksi dengan alat-alat pemrediksi yang ada. Hal ini terjadi baik di dunia bisnis maupun di masyarakat.

Di dunia bisnis para pengusaha akan mengalami kesulitan dalam memahami perubahan yang terjadi pada perilaku konsumen dan mengantisipasi reaksi pesaing. Kalangan akademisi dituntut mencari format dan formulasi teori baru untuk menjelaskan fenomena tersebut. Di pemerintahan, terjadi perubahan perilaku masyarakat yang perlu diperhitungkan dalam setiap pengambilan kebijakan, baik di tingkat regional maupun nasional.

Beranjak dari kondisi tersebut, maka peningkatan kualitas sumber daya manusia mutlak harus dilakukan di berbagai bidang. Akademisi di tuntut untuk bias memperbaharui, mengembangkan, dan menyempurnakan ilmu yang dikuasainya. Di pemerintahan, semakin dirasakan pentingnya tenaga-tenaga perumus konsep, perencana, maupun pelaksana pembangunan yang handal, visioner, tajam, dan kreatif. Perubahan ini juga mengharuskan aparat pemerintah untuk memahami suatu fenomena dengan perspektif lintas keilmuan: ekonomi baik mikro maupun makro, manajemen, politik dan sosial sehingga dapat mengimplementasikannya dalam berbagai kebijakan.

Program Doktor Ilmu Ekonomi Pascasarjana Fakultas Ekonomi UII tertantang untuk menjawab tuntutan yang disebut di muka. Saat ini Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta menawarkan 2 (dua) konsentrasi, yaitu Ilmu Manajemen dan Ekonomi Islam dan Kebijakan Publik. Kedua konsentrasi tersebut merupakan jawaban yang tepat bagi para birokrat, akademisi, maupun para pengambil keputusan yang ingin menyempurnakan kemampuannya dalam menghadapi tantangan perubahan sebagaimana disebut di muka. Program ini memberi bekal melalui kekuatan dan kedalaman kurikulum dan proses belajar mengajar yang intensif yang dilaksanakan oleh para expert lulusan dalam negeri maupun luar negeri: Malaysia, Australia, U.S.A. Program tersebut disusun dengan memberikan kesempatan dan sekaligus insentif bagi para mahasiswa untuk menyelesaikan studi mereka dengan tepat waktu.