• doktor 2.jpg
  • PPSFEUII.jpg

Profil Magister Ekonomi & Keuangan

Sektor keuangan telah melaju terlalu cepat melampaui kemampuan teori-teori yang ada untuk menjelaskannya. Perkembangan sektor ini semakin tak terkendali dan dampak buruknya tidak mampu diantisipasi dan “dijinakkan” oleh para pengambil kebijakan. Krisis keuangan semakin sering terjadi dan, seperti yang terakhir -- krisis keuangan global -- selalu berdampak buruk bagi sektor riil.

Keuangan Islam memiliki bangunan sistem dan mekanisme yang khas dan secara alamiah mencegah terjadinya krisis semacam ini. Ia berpotensi menjadi alternatif dari sistem keuangan dunia yang semakin rapuh (fragile) dan berbasis riba.

Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi UII menawarkan program Magister Ekonomi dan Keuangan dengan Konsentrasi Ekonomi dan Keuangan Islam kepada lulsan S1 semua bidang yang berminat mendalami Ekonomi dan Keuangan Islam.

Dengan kurikulum berbasis analisis ekonomi dan fiqh yang kuat serta tenaga pengajar yang kompeten lulusan program ini diharapkan akan menjadi akademisi dan sekaligus praktisi yang fleksibel dan mampu menghadapi tantangan dalam sektor keuangan.