• doktor 2.jpg
  • PPSFEUII.jpg

Profil Magister Akuntansi

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini, memicu dunia bisnis memasuki era knowledge based economy (ekonomi berbasis pengetahuan). Saat ini faktor produksi yang utama adalah pengetahuan, keahlian, dan informasi. Bisnis yang unggul dalam kompetisi global adalah bisnis yang memiliki kandungan pengetahuan yang tinggi. Profesi akuntansi sebagai bagian dari dunia bisnis memiliki peran yang sangat penting dalam rangka menghadapi era tersebut. Peran strategik akuntansi terkait dengan produk yang dihasilkan yaitu informasi akuntansi. Informasi akuntansi yang berkualitas menjadi salah satu pilar penting sukses tidaknya suatu organisasi. Untuk menghasilkan informasi akuntansi yang berkualitas tersebut dibutuhkan dukungan teknologi informasi dan komunikasi yang modern dan staf akuntansi yang kompeten dan profesional.

Sementara itu, seiring dengan pelaksanaan otonomi daerah, kebutuhan terhadap tenaga akuntan semakin besar. Berdasarkan peraturan perundangan di bidang otonomi daerah yang baru, Pemerintah Daerah dituntut untuk melakukan reformasi manajemen keuangan daerah khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah. Muara dari reformasi manajemen keuangan daerah tersebut adalah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Program Magister Akuntansi (Maksi) FE UII dibuka untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut dan merupakan pendidikan S2 bidang akuntansi dengan gelar M.Ak (Magister Akuntan). Program Maksi merancang kurikulum dan sistem pembelajarannya berbasis teknologi informasi dan nilai-nilai Islam, sehingga mampu memberikan ciri dan keahlian khusus bagi lulusan Maksi FE UII.