• doktor 2.jpg
  • PPSFEUII.jpg

Berita & Informasi Terbaru

PPs FE-UII Mengadakan Kuliah Perdana dengan tema “Peluang Untung di Balik Kebijakan Pengampunan Pajak”

Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi UII (PPs FE-UII) kembali mengadakan Kuliah Perdana semester ganjil di gedung Aula Utara Fakultas Ekonomi UII, sabtu 6 Agustus 2016. Kuliah ini diikuti sebanyak 120 mahasiswa baru dari program Magister Manajemen (68 mahasiswa), Magister Akutansi (20 mahasiswa), Magister Ekonomi dan Keuangan (20 orang), dan program doktor Ilmu Ekonomi (12 mahasiswa).

Dalam sambutan pembukaan  kuliah perdana, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc,  mengatakan kepada mahasiswa baru PPs FE-UII bahwa untuk meraih hasil yang lebih bagus, mahasiwa harus belajar menyenangi apa yang menjadi pilihannya, karena dengan belajar menyenangi sesuatu maka segala sesuatu akan menjadi lebih mudah.

Untuk meningkatkan kemampuan dan minat mahasiswa untuk lebih serius di bidang Ekonomi, PPs FE-UII mengundang nara sumber yang kompeten dibidangnya, dengan mengundangBapak Marhaendraselaku Direktur PT CIMB Securities dan Fitra Gavino, Senior Vice President Regional West Java PT CIMB Securities.

Menurut Direktur PT CIMB Securities, harga saham Badan Usaha Milik Nasional (BUMN) diprediksikan akan mengalami lonjakan. Menyusul adanya kebijakan pemerintah yang menerapkan tax amnesty atau pengampunan pajak yang bisa menghasilkan dana segar dari masyarakat. mengatakan melalui undang-undang pengampunan pajak, para wajib pajak yang belum melaporkan pajaknya akan mendapatkan tarif tebusan lebih rendah. Tarif tersebut dibagi tiga katagori, yaitu usaha kecil menengah, wajib pajak yang bersedia merepatriasi asetnya di luar negeri, dan deklarasi aset di luar negeri tanpa repatriasi.

Tax Amnesty, merupakan sumber pertumbuhan ekonomi melalui repatriasi aset. Dalam jangka pendek penerimaan negara diharapkan dapat bertambah Rp 165 triliun dari penerimaan uang tebusan. Dana yang diterima dari uang tebusan akan masuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pemerintah akan mempunyai instrumen fiskal tambahan. “Selanjutnya, pemerintah akan dapat membiayai proyek infrastruktur,” kata Fitra Gavino, Senior Vice President Regional West Java PT CIMB Securities.

Adanya tax amnesty, telah memberi pengaruh terhadap perekonomian Indonesia bulan Juli 2016. Di antaranya, kondisi makro yang mulai menunjukkan kenaikan, nilai tukar rupiah masih terjaga baik dan terbukanya lapangan pekerjaan. “Enam sektor yang masih menarik adalah otomotif, banking, infrastruktur, consumber, telekomunikasi dan properti,” katanya.

Sebagai penutup acara, Direktur Galeri Investasi UII, Arif Singa Purwoko, SE., MBA menyampaikan, bahwa seluruh mahasiswa baru PPs FE-UII mendapatkan free account pasar modal, untuk bertransaksi secara real di Bursa Efek, sehingga dengan adanya kuliah ini diharapkan dapat menambah minat mahasiswa di bidang ekonomi khususnya Bursa Efek Indonesia.